Connect
To Top

Inilah Warna Pilihan Utama Tahun 2020

Prediksi Tren Visual Sepanjang Tahun

Oleh Fara Verwey

Sudah tahun baru. Artinya bersiaplah juga menyambut tren terbaru. Tak hanya untuk dikatakan menjadi orang yang selalu up to date atau kekinian. Tapi juga faktor terpenting untuk turut serta mengikuti selera pasar. Hal ini tentunya sangat diperlukan, apalagi yang berkembang dan mengejar target di dunia kreatif.

Semua akan kami awali dengan kehebohan tren warna 2020 yang dirilis oleh Pantone mendekati pergantian tahun ini.

Pantone merupakan percetakan komersial sejak 1950-an. Perusahaan ini memproduksi sistem warna yang telah diakui secara internasional.

Nah, pada tahun 2020 ini, color of the year yang diperkenalkan perusahaan adalah warna biru klasik. Dengan kode warna Pantone 19-4052 Classic Blue.

Dikutip dari laman resmi Pantone, warna biru klasik dianggap menanamkam ketenangan, kontensi dan hubungan.

Penjelasan lebih lanjut juga dipaparkan melalui laman Dezeen. Bahwa karakter warna biru ini dianggap sebagai warna yang membawa rasa damai dan tenang bagi jiwa. Juga perasaan dilindungi.

Warna yang menjadi tren di sepanjang tahun mendatang ini juga warna yang universal. Berhubung bisa dilihat oleh siapa saja di dunia. Dikarenakan biru klasik digambarkan sebagai warna langit dan laut.

“Ketika melihat dunia di sekitar, kita tahu bahwa kita hidup dengan banyak kegelisahan di mana kita tak bisa merasa cukup aman. Biru, dari sudut pandang emosional dan psikologis, selalu mewakili ketenangan dan rasa dilindungi. Ini warna yang dapat Anda andalkan,” ujar Direktur Eksekutif Pantone Color Institute, Leatrice Eiseman.

Mengutip pada laman yang sama, warna yang telah ditetapkan enjadi warna 2020 ini diharapkan mendorong banyak orang untuk berfikir lebih luas, lebih dalam dengan beragam prespektif.

“Ada banyak warna biru di dalam sistem Pantone, tetapi warna ini [classic blue] benar-benar memberi kami rasa percaya diri dan mendapatkan keseimbangan,” kata Eiseman.

Bagi para penggiat di bidang seni, mode, desain, industri kecantikan otomotif, dan bidang kreatif lainnya, tren warna ini menjadi esensial.

Selain penetapan tren warna, beredar juga prediksi tren tipografi yang bisa dituangkan dalam karya kita. Seperti yang telah ditayangkan pada akun Instagram @kalypsodesigns. Desainer grafis ini menuangkan delapan jenis style yang bakal hits di 2020.

1. Animography
2. Variable Fonts – Marvin visions
3. Loud & Bold – Via Van Holtz Co.
4. Outline Fonts – Via Viita Titan
5. 3D Type – Via Tennent Brown
6. Color Fonts – Gilbert Font
7. High Contrast Serif – Aviva
8. Image + Type – Humaan

Yang terakhir, kami juga menemukan adanya prediksi tren Instagram 2020. Konten yang disiarkan oleh akun @hlga ini mengklaim akan terjadi peningkatan dan sedikit perubahan di tahun mendatang. Apa saja ya?

Pemilik akun yang memiliki 27.2 ribu pengikut ini memprediksi kemunculan kote berbentuk video pendek akan lebih banyak. Baik pada fitur post maupun stories. Dikarenakan munculya pertarungan IGTV vs Tik Tok.

Kemunculan filter stories sudah dirasakan memasuki penutup tahun ini. Pemilik akun bernama asli Helga Indra R menganalisa pertumbuan filter stories, doodle, seni bergaya sketsa, serta template-template juga akan memenuhi kretifitas stories.

Kesadaran untuk bercerita juga kian tumbuh. Instagrammer diprediksi akan menampilkan keterangan foto yang lebih panjang dari sebelumya.

Semetara menyikapi kabar hilangya fitur likes, Instagrammer diprediksi akan lebih berfokus pada melahirkan konten yang impresif, dan tak lagi sekedar mengunggah. Hal ini juga dibarengi dengan semakin khasnya feed Istagram dengan tone khas yang dipilih masing-masing pemilik akun.

Jadi sudah siap mengisi tahun 2020 dengan cara lebih kreatif? []

More in Kabar Kita