Connect
To Top

Ini Kata Ketua BK atas Insiden Anggota Dewan yang Mobilnya Kedap Suara

Badan Kehormatan Masih Tunggu Laporan

Oleh Fara Verwey

Karib kami, Wan Fhandry sudah baik-baik saja. Pemuda periang ini sudah kembali bekerja seperti sedia kala. Insiden ditubruk mobil anggota dewan yang kedap suara itu tidak lantas membuatnya bersedih. Justru sebaliknya.

“Jadi tahu kenapa sekarang kenapa kalau milih anggota legislatif itu nggak boleh sembarangan,” kata dia, kemarin.

Betul sekali. Suara di balik suara itu berlaku untuku lima tahun lamanya. Amat perlu pertimbangan secara cermat sebelum mencoblos. Agar yang terpilih nanti benar-benar wakil rakyat bisa dan mau mendengar, tak peduli seberapa pun kedap suara mobilnya.

“Mana yang nubruk motor Sari itu dari dapil saya, Kak,” kata Fhandry lagi.

Tidak ada kata lain yang bisa saya sampaikan pada Fhandry selain memintanya untuk bersabar. Tidak semua mobil anggota dewan itu kedap suara, kata saya. Ia tertawa mendengarnya.

Karena itulah saya mengontak Ketua Badan Kehormatan DPRD Tanjungpinang, Maiyanti, Senin (23/12) petang kemarin. Saya kepengin mendengar tanggapannya.

Bukan apa. Memang sudah jadi tugas Badan Kehormatan untuk memantau dan mengevaluasi disiplin dan/atau kepatuhan terhadap moral, kode etik, dan/atau peraturan tata tertib DPRD dalam rangka menjaga martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPRD.

Saya tersambung dengan Ibu Maiyanti via pesan WhatsApp. Politisi perempuan asal Partai Gerindra ini menulis:

Maaf sy blom dpt laporan krn setau sy kejadian saat itu kami dewan lg melaksanakan kgiatan reses dan dg sampai hr ini jg sy blom jumpa yg bersangkutan krn mmg blom ada laporan k dewan jd BK blom bs ambil tindakkan

Laporan. Itu kata kunci bagi Badan Kehormatan sebelum bertindak atau membuat keputusan. Ibu Maiyanti kemudian melanjutkan agar dibuat laporan yang ditujukan ke Badan Kehormatan.

“Kami menerima laporan dari warga, dan silakan surati ke DPRD,” ujarnya.

Apakah Fhandry akan membuat laporan secara resmi ke Badan Kehormatan DPRD Tanjungpinang?

Menarik untuk ditunggu langkah selanjutnya dari Fhandry. []

More in Kabar Kita