Connect
To Top

Ada Potensi Hujan saat Gerhana

Sedialah Payung sebelum Hujan

Oleh Fara Verwey

Sejauh mana persiapan menyaksikan gerhana matahari cincin, Kamis (26/12) esok? Momen spesial nan langka semacam ini tentu amat sayang dilewatkan begitu saja. Jangan sampai harus menunggu puluhan tahun lagi untuk bisa merayakan fenomena alam yang bahkan belum tentu seumur hidup ada lagi.

Karena itu, tak heran bila kemudian Pemko Tanjungpinang menjadikan momen langka ini sebagai sebuah suguhan festival. Ada banyak acara yang dihadirkan. Bahkan sampai perlu menggandeng Boscha Observatory dari Institut Teknologi Bandung untuk ikut melangsungkan pemantauan di Gedung Gonggong.

Jadi jikalau ikut meramaikan festival ini, pastikan baterai ponsel penuh. Supaya bisa swafoto asyik di sana. Kalau memang ada kamera digital, jangan lupa dibawa. Agar momen langka ini bisa diabadikan dengan baik. Tapi simak dulu tips dari fotografer profesional agar tidak terjadi kerusakan ketika memotret gerhana.

Sebagai tambahan, agaknya perlu dipertimbangkan membawa payung. Pasalnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Tanjungpinang memprediksikan pada hari ketika gerhana matahari cincin terjadi itu ada potensi hujan.

“Potensinya terjadi hujan ringan sampai sedang pada pagi sampai siang hari untuk Tanjungpinang dan Bintan,” ujar Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Khalid Fikri melalui siaran resminya.

Potensi hujan dengan intensitas ringan-sedang ini patut diwaspadai. Khalid melanjutkan, bukan tidak menutup kemungkinan dapat disertai petir dan angin kencang pada pagi hingga sore hari.

“Bahkan di perairan Natuna potensi gelombang tinggi mencapai 3,5 meter untuk seminggu ke depan,” beber Khalid.

Itulah mengapa patut kiranya mempertimbangkan membawa payung ketika menghadiri festival gerhana cincin di Gedung Gonggong. Kita berharap, sih, jangan sampai hujan karena bisa membatasi jarak pandang terhadap fenomena gerhana matahari cincin yang langka ini.

Ada yang punya kontak Thor putra Odin dari Asgaard? []

More in Kota Kita