Connect
To Top

Hai Visboy … Tutorial Membesuk Gubernur Nurdin

Jangan salah hari dan jamnya ya

Oleh Visboy

Beberapa jam setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi terkait izin reklamasi, Gubernur Kepri Nurdin Basirun langsung ditahan KPK, sejak Kamis (11/7) malam.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah kepada Alinea, menjelaskan, Bang Din ditahan di rumah tahanan (Rutan) klas I cabang KPK kavling empat.

“Nurdin ditahan selama 20 hari pertama,” ungkap Febri Diansyah, Jumat (12/7).

Rutan yang bakal ditempati Bang Din ini, baru diresmikan Oktober 2017 lalu. Bangunannya berdiri di atas tanah seluas 839,4 meter persegi dari dua lantai, yakni lantai dasar dan mezzanine dengan kapasitas 37 tahanan yang terdiri dari 29 tahanan pria dan delapan tahanan wanita.

Di sana, terdapat sel tahanan untuk lima tahanan dan untuk tiga tahanan. Kemudian ada pulan ruang isolasi. Kamar ini berkapasitas 1 orang dan difungsikan untuk tahanan yang baru ditahan ataupun yang menderita sakit sehingga harus dipisahkan dengan tahanan lainnya.

Untuk tahanan yang baru ditahan, nantinya setelah sepekan merasakan sel isolasi, barulah mereka dipindah ke sel biasa, yang berkapasitas tiga sampai lima orang.

Rutan ini juga telah dilengkapi dengan sistem database pemasyarakatan yang merupakan mekanisme pelaporan dan konsolidasi pengelolaan data Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Sistem ini berfungsi sebagai alat bantu kerja sesuai kebutuhan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, Divisi Pemasyarakatan dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Kemkumham.

Di Rutan ini juga terdapat area tunggu tamu tahanan, ruang kunjungan keluarga tahanan, tempat registrasi, penitipan barang, ruang berkumpul yang dilengkapi TV dan ruang berolahraga. Selain itu, terdapat ruang ibadah bagi tahanan non-muslim yakni di ruang bertemu keluarga. Sementara salat Jumat bagi tahanan muslim di ruang TV.

Di sana, Bang Din tidak akan tidur beralas lantai. Seperti yang diwartakan Republika, setiap tahanan akan mendapatkan sprei, sarung bantal, selimut, perlengkapan mandi, dan satu stel baju olahraga.

Kalau mau buang air pun tidak harus jauh. Di setiap sel tahanan terdapat kamar mandi yang terbuka tidak memiliki pintu, antara kamar mandi dan ruang tidur hanya dibatasi oleh tembok yang memiliki tinggi tidak sampai 1,5 meter.

Meskipun tampak suram, sirkulasi udara di dalam sel tahanan cukup lancar. Masing-masing sel dipasangi exhaust fan. Fasilitas lainnya untuk tahanan selain sel adalah adanya ruang berkumpul yang dilengkapi televisi dan adapula ruang berolahraga bersama atau kalau menurut istilah Ditjen PAS disebutnya tempat berangin-angin.

Simulasi ruang jenguk di Rutan KPK. Foto: nusantaranews.co

Bagaimana Cara Membesuk Bang Din?

Hasil penelusuran Visboy dari beragam sumber, inilah cara membesuk Bang Din yang kemarin malam sudah resmi mengenakan seragam rompi oranye KPK itu.

Bila masuk dari pintu masuk, ruangan pertama yang akan ditemui adalah ruang registrasi. Setiap pembesuk yang akan menemui tahanan diwajibkan melakukan registrasi terlebih dahulu di pintu masuk, dengan diambil foto dan sidik jarinya.

Kemudian pengunjung diarahkan ke ruang pemeriksaan dengan menggunakan x-ray. Setelah itu, setiap pengunjung akan diminta menyerahkan kartu indentitas untuk mendapat surat izin kunjungan dan kartu identias kunjungan.

Setelah mendapatkan kartu izin dan kartu identitas kunjungan, pengunjung dan tahanan akan bertemu di ruang pertemuan antara tahanan dan pengunjung.

Ruangan tersebut menjadi tempat berbincang para pengunjung dan tahanan. Setiap tahanan dibolehkan menerima lima tamu dalam setiap sesi kunjungan di hari Senin dan Kamis, pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Jadi bagi masyarakat Kepulauan Riau yang hendak membesuk Bang Nurdin selama 20 hari pertama masa penahanannya, bisa memesan tiket sesuai hari kunjungan yang telah disediakan. []

More in Kabar Kita